Powered By

Powered by Blogger

Sunday, April 19, 2009

Kemampuan Mata Meningkat Setelah Memainkan Game Action





Sebuah studi yang dilakukan oleh sekelompok peneliti di Amerika telah menemukan adanya kemajuan tingkat kemampuan pada mata setelah memainkan game action.

Hasil penelitian tersebut bertolak belakang dengan anggapan masyarakat umum selama ini, kalau seseorang memainkan sebuah game terlalu lama, mata orang tersebut akan mengalami kerusakan.

Para peneliti tersebut berhasil menyimpulkan bahwa bermain game action dapat membantu pemain untuk dapat dengan lebih mudah melihat dalam kegelapan, misalnya bila mengemudikan mobil di malam hari. Selain itu, peningkatan terhadap sensitivitas kontras mata dan juga kemampuan untuk melihat adanya perbedaan pada bayangan berwarna abu-abu merupakan salah satu hasil penting dari penelitian. Hasil penelitian tersebut dapat dibaca langsung pada jurnal Nature Neuroscience.

Riset dilakukan terhadap dua grup. Kedua grup inidiharuskan untuk bermain game selama 50 jam dalam kurun waktu 9 minggu. Grup pertama memainkan game action seperti “Call of Duty (Infinity Ward) dan “Unreal Tournament 2004” (Atari). Sedangkan grup lain bermain game yang tidak melibatkan unsur action, seperti “The Sims 2” (Electronic Arts), yang diyakini tidak terlalu melibatkan kerja sama mata dengan tangan yang terlalu besar.

Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan dalam kurun waktu 9 minggu terjadi peningkatan 43% - 58% pada kemampuan mata dalam membedakan kontras setelah memainkan game action. Sedangkan bagi grup kedua, tidak terjadi peningkatan kemampuan pada mata mereka.

Source: Nature Neuroscience

No comments:

Post a Comment