Powered By

Powered by Blogger

Monday, May 11, 2009

Hardware

Kirim Data Lebih Cepat Dengan Bluetooth 3.0 + HS

Image Bluetooth Special Interest Group (SIG) mengumumkan peluncuran versi terbaru Bluetooth 3.0 + High Speed (HS) guna menjawab kebutuhan transfer data yang semakin tinggi antar perangkat digital. Bluetooth 3.0 menggunakan protokol 802.11 yang biasa digunakan oleh modul Wi-Fi dan router. Penggunaan 802.11 Protocol Adaptation Layer (PAL) diklaim dapat meningkatkan kecepatan transfer rate Bluetooth 3.0 + HS hingga mencapai 24MB/s (dari sebelumnya sekitar 3Mb/s pada Bluetooth 2.1).

Spesifikasi teknis Bluetooth 3.0 + HS.

Bluetooth 3.0 + HS adalah sebuah standar wireless Bluetooth baru yang dikembangkan oleh Bluetooth SIG dan Wi-Media Alliance. Bluetooth 3.0 + HS diklaim mampu bekerja 60 kali lebih cepat dari Bluetooth 2.1 dalam segi kecepatan transfer data. Kecepatan transfer data Bluetooth 3.0 + HS yang tinggi adalah berkat penggunaan radio protocol 802.11. Protocol Adaptation Layer (PAL) 802.11 meningkatkan kecepatan transfer data Bluetooth 3.0 + HS hingga mencapai 24MB/s dari semula hanya berkisar 3Mb/s pada Bluetooth 2.1. Bluetooth 3.0 + HS menggunakan sumber daya yang lebih kecil dibanding versi Bluetooth sebelumnya berkat dukungan power control built-in yang lebih baik.

Fungsionalitas yang lebih tinggi.

Dengan peningkatan kecepatan transfer data yang signifikan, Bluetooth 3.0 +HS diharapkan mampu memberikan solusi transfer data antar-perangkat digital yang lebih baik dan cepat. Peralatan digital seperti digital camcorder dapat melakukan stream video gambar ke televisi dan monitor dengan lancar dan mengirimkan gambar dalam jumlah lebih banyak dalam waktu singkat. File-file image berukuran besar dapat dengan mudah dikirim ke printer untuk dicetak. Dokumen dan slide-slide presentasi dapat dikirim ke proyektor secara wireless dan masih banyak kegiatan olah data lain yang bisa dilakukan dengan dukungan Bluetooth 3.0 + HS.

Source: Bluetooth SIG (Bluetooth.com)

No comments:

Post a Comment