Powered By

Powered by Blogger

Monday, June 15, 2009

Hardware

Intel Core i7 920, 940, 950 Mundur Dengan Tertib - Membuka Jalan Bagi Lynnfield



ImageWalaupun Intel berkali-kali menyatakan akan menjamin ketersedian Core i7 920 dan 950, bahwa hanya 940 saja yang akan 'pergi', namun beberapa sumber dari manufaktur motherboard dunia memiliki keyakinan yang berbeda. Manufaktur dan sumber berita yang memiliki akses eksklusif roadmap Intel menyatakan bahwa prosesor Intel Core i7 920, 940, 950, dan 965 dengan arsitektur Nehalem akan 'pergi' paling lambat Q1 2010. Selanjutnya hanya Intel Core i7 975 Extreme Edition dan Intel Gulftown (Six-core 32nm) saja yang akan tersedia untuk soket LGA 1366.

Intel Core i7 - bagai angin berlalu


Tampaknya Intel menyadari kesalahan pricing produk Core i7 yang kurang bersahabat. Tidak hanya harga prosesor Core i7, motherboard arsitektur Intel X58 juga memiliki harga jual yang tinggi, sehingga masih banyak pengguna komputer yang tidak mampu memilikinya walaupun sudah lebih dari satu tahun sejak awal peluncuran Intel Core i7.

Belum sempat kita menikmati kehebatan performa Core i7, Intel berencana menghentikan penjualan prosesor ini dan hanya menyisakan seri Extreme Edition dan Intel Gulftown yang tentunya akan memiliki harga jual yang tinggi. Ya, setidaknya kali ini Intel masih memberikan opsi upgrade bagi Anda yang telah terlanjur menggunakan sistem Intel X58.

Optimisme Intel terhadap Lynnfield

Intel bergerak cepat dengan mengumumkan arsitektur baru, Intel P55 (Ibex Peak). Intel terlihat sibuk mensosialisasikan prosesor LGA 1166 terbarunya; Lynnfield, jauh sebelum tanggal peluncurannya, September 2009. Tampaknya Intel lebih memfokuskan segmen mainstream dengan menawarkan Lynnfield dengan performa yang tidak kalah hebatnya dengan Bloomfield namun memiliki price/ performance dari sisi prosesor yang lebih baik.

Motherboard Intel P55 untuk Lynnfield diprediksi memiliki range harga USD130-180. Bahkan Foxconn diberitakan akan meluncurkan motherboard Intel P55 dengan harga dibawah USD100, jauh berbeda dengan motherboard Nehalem yang memiliki harga jual rata-rata diatas USD300. Kita harapkan Intel bermurah hati dalam memberikan harga yang lebih kompetitif untuk Lynnfield, agar konsumen kali ini memiliki kesempatan untuk 'mencicipi' kemampuan prosesor Quad-core Intel yang terbaru.


Source:bit-tech

No comments:

Post a Comment