Powered By

Powered by Blogger

Thursday, November 13, 2014

Acronis Drive Monitor 1.0.566: Pantau Kesehatan hard disk


Saat ini, hampir semua pekerjaan yang dilakukan dengan PC, memanfaatkan hard disk sebagai media penyimpan data. Namun, seperti halnya kesehatan, hard disk jarang diperhatikan kondisinya. Panik, kesal, dan penyesalan baru terjadi saat mengetahui kondisi hard disk sudah tidak sehat lagi. Bahkan, bisa saja sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Penyesalan memang selalu datang belakangan. Oleh karena itu, agar Anda tidak mengalami hal seperti di atas, perhatikan kondisi hard disk yang ada di PC karena di dalamnya terdapat data dan file penting Anda. Tidak usah secara manual, Anda dapat memanfaatkan sebuah aplikasi khusus untuk memantau kondisi hard disk. Salah satu aplikasi tersebut adalah Acronis Drive Monitor.

Install aplikasi ini ke dalam PC dan lakukan restart sesudahnya agar aplikasi dapat menyatu dengan file sistem. Selanjutnya, buka Acronis Drive Monitor. Ada tiga fungsi penting yang dapat Anda lihat di bagian kiri aplikasi ini, yaitu Disk, Backup, dan Critical Event. Disk, tentu saja merupakan fungsi paling penting dari aplikasi ini, yaitu memantau kondisi hard disk dan menginformasikannya kepada Anda saat menemukan sebuah masalah di dalamnya yang dapat merusak hard disk dalam waktu tertentu.

Backup merupakan kelanjutan dari Disk. Apabila hard disk dalam kondisi darurat, aplikasi akan meminta Anda untuk mem-backup file dan data penting yang ada di dalam hard disk ke media penyimpan lainnya. Namun, untuk fungsi backup ini, Anda membutuhkan aplikasi Acronis lainnya yang dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi ini. Anda bisa menggunakan Acronis True Image atau Acronis Backup & Recovery.



Fungsi ketiga yaitu Critical Event. Fung­si ini akan mendeteksi masalah-masalah yang terdapat dalam file sistem Windows Anda. Masalah-masalah file dari aplikasi atau file sistem, sebagian dapat merusak hard disk. Oleh sebab itu, aplikasi ini akan merekam setiap aktivitas sistem dan menyimpannya dalam sebuah file log. Di bagian "Options", selain deteksi hard disk. Anda juga dapat menge­tahui suhu realtime hard disk.

Kesimpulan: Aplikasi yang dapat membantu pengguna PC dalam merawat hard disk. Aplikasi ini berintegrasi dengan aplikasi Acronis lainnya.

Harga: Gratis

Kelebihan:
- Cepat menginformasikan masalah yang terjadi pada hard disk
- Critical Event yang dapat mendeteksi setiap masalah pada sistem
Highlights:
Saat ini, hampir semua pekerjaan yang dilakukan dengan PC, memanfaatkan hard disk sebagai media penyimpan data. Namun, seperti halnya kesehatan, hard disk jarang diperhatikan kondisinya.

Source: Chip.co.id

No comments:

Post a Comment